Ket Foto :

Tingkatkan Pemahaman Pengurusan Dan Percepatan Jabatan Fungsional Dosen, Unit Kepangkatan Dosen FH Unilak Selenggarakan Sosialisasi Penilaian Angka Kredit (PAK)

Unit Kerja Kepangkatan Dosen FH Unilak menyelenggarakan Sosialisasi Penghitungan Penilaian Angka Kredit (PAK) Jabatan Fungsional (Jabfung) Dosen pada Jum'at, 03 Mei 2024 di Ruang Rapat  Dosen Jam 08.30-Selesai. Kegiatan diikuti oleh Seluruh Dosen FH Unilak dari Jabfung Asisten Ahli (AA), Lektor, dan Lektor Kepala (LK). Pemateri yang menyampaikan sosialisasi adalah Dr Hamzah ST MT, Ketua Tim Penilai PAK Universitas Lancang Kuning.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Unit Kerja Kepangkatan Dosen FH Unilak, yang dipimpin oleh Cisilia Maiyori SH MH dan Dedy Felandry SH MH. Tugas Pokok Unit Kerja Kepangkatan adalah mengawal kenaikan pangkat dosen dari AA, Lektor, LK, dan Guru Besar (Profesor). Menurut Ketua Unit Kepangkatan, Cisilia Maiyori, SH MH, menyatakan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi adalah untuk memastikan kebenaran dan validitas data tri dharma perguruan tinggi yang diajukan dosen dalam PAK.

Dekan FH Unilak, Dr Fahmi SH dalam sambutan dan pengarahan menyampaikan bahwa kondisi saat ini Jabfung Dosen adalah AA sebanyak 7 orang, Lektor berjumlah 22 orang, dan LK berjumlah 7 orang. Menurut Dekan FH Unilak, bagi yang telah menyelesaikan S3, namun masih Jabfung Lektor, sebaiknya dapat segera fokus pada kenaikan fungsional ke LK. Dekan FH Unilak mendorong semua dosen untuk mengurus kenaikan pangkat fungsional di lingkungan FH Unilak, terutama dosen harus menyiapkan dengan benar saat publikasi pada Jurnal Sinta 2 dan Jurnal Internasional Terindeks Scopus.

Ketua Unit Kepangkatan Dosen FH Unilak, Cisilia Maiyori SH MH menyampaikan bahwa peningkatan fungsional dosen dapat menjawab pertanyaan akreditasi pada poin Sumber Daya Manusia (SDM) FH Unilak. Cisilia Maiyori SH MH menginginkan peningkatan pemahaman tentang Mekanisme Pengurusan PAK Dosen, kebutuhan syarat khusus seperti artikel, cara penghitungan PAK, dan cara akses akun artikel scopus.

Pemateri Sosialisasi, Dr Hamzah ST MT mengawali dengan data statistik kondisi terkini Jabfung Dosen di lingkungan FH Unilak. Menurut Dr Hamzah bahwa untuk Jabfung Dosen FH Unilak saat ini tidak berimbang antara AA, Lektor dan LK. Jabfung Lektor lebih besar daripada LK. Data statistik ini tidak bagus untuk penilaian akreditasi, karena antar level Jabfung tidak seimbang.

Setelah presentasi sosialisasi, Dr Irawan Harahap, SE SH M.Kn MH menyampaikan pertanyaaan tentang waktu pengajuan kenaikan Jabfung apakah harus sesuai dengan masa Sidang Senat Unilak atau dapat diajukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan? Dr Hamzah menjawab bahwa waktu pengajuan sebaiknya diajukan pada saat data sudah lengkap, tidak harus menunggu waktu Sidang Senat Unilak.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama Pemateri, Pimpinan FH Unilak, dan seluruh peserta. Dekan FH Unilak menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Dr Hamzah ST MT yang telah memberikan pemahaman Mekanisme Pengurusan Jabfung. Selain itu, Dekan FH Unilak juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Unit Kerja Kepangkatan Dosen, yakni Cisilia Maiyori SH MH dan Dedy Felandry SH LLM yang telah menfasilitasi kegiatan ini.