Ket Foto :

Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning Meningkatkan Kompetensi Guru di SMK Negeri 3 Bengkalis

Unilak Riau - Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning turut serta dalam upaya peningkatan kompetensi guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Bengkalis. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 4 November 2023 dengan tujuan memperdalam pemahaman, keterampilan, dan sikap guru terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pembelajaran dan Asesmen, serta pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Tim pengabdian ini diketuai oleh Dr. Syahtriatna D., M.Kom, dan didukung oleh anggota tim, Dr. Elvira Asril, M.Kom, serta Dr. Ahmad Zamsuri, M.Kom. Kehadiran mereka di SMK Negeri 3 Bengkalis merupakan bagian dari komitmen untuk mendukung pendidikan di tingkat menengah kejuruan.

Kegiatan dilaksanakan melalui metode workshop yang fokus pada KOSP dan strategi pembelajaran, merancang pembelajaran dan asesmen, serta proyek penguatan profil pelajar pancasila. Rencana pelaksanaan dimulai dengan identifikasi kebutuhan pelatihan guru terkait KOSP, pembelajaran, dan asesmen, serta proyek penguatan profil pelajar pancasila. Materi pelatihan yang relevan dan aplikatif pun disusun guna memastikan peningkatan kualitas pengajaran.

Selama kegiatan, para guru di SMK Negeri 3 Bengkalis terlibat aktif dalam sesi praktis dengan pendekatan praktik yang bertahap. Evaluasi dilakukan pada akhir kegiatan untuk mengukur peningkatan pemahaman guru terhadap KOSP, pembelajaran, asesmen, dan proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Hasil dari kegiatan ini mencakup pembuatan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar, dan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul-modul ini dikembangkan oleh para guru di SMK Negeri 3 Bengkalis sebagai wujud nyata dari pemahaman dan keterampilan yang diperoleh selama workshop.

Dr. Syahtriatna D., M.Kom, ketua tim pengabdian, menyatakan, "Kami sangat senang dapat berkontribusi dalam meningkatkan kompetensi guru di SMK Negeri 3 Bengkalis. Semoga hasil kegiatan ini dapat memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran di sekolah ini dan meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat menengah kejuruan."

Kehadiran Tim Pengabdian Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning di SMK Negeri 3 Bengkalis merupakan langkah konkret dalam mendukung penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah-sekolah. Melalui kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah, diharapkan akan tercipta lingkungan pendidikan yang semakin berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman.