Terapi Konseling Terhadap Ketergantung Gadget Pada Anak, Dosen PG PAUD FKIP UNILAK Berikan Pelatihan


Terapi Konseling Terhadap Ketergantung Gadget Pada Anak, Dosen PG PAUD FKIP UNILAK Berikan Pelatihan

Rabu, 13 Jan 2021, 14:27:57 WIB, 43 View , Kategori : Dosen

Ket Foto : Ketua HIMPAUDI Kecamatan Bukit Raya dan Dosen PG PAUD FKIP UNILAK


Gadget seolah tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak yang lahir di zaman milenial saat ini. Padahal, potensi gadget merusak otak anak bisa terjadi jika anak dibiarkan terlalu lama menatap layar gadget tersebut.

Istilah terhadap perilaku kecanduan gadget adalah screen dependency disorder (gangguan ketergantungan terhadap layer gadget) atau SDD. Sebuah penelitian terbaru menemukan 30% anak di bawah usia enam bulan sudah mengalami paparan gadget secara rutin dengan rata-rata 60 menit per hari.

Di usia dua tahun, sembilan dari sepuluh anak mendapat paparan gadget yang lebih tinggi dan berpotensi membuat mereka mengalami SDD. Potensi gadget merusak otak anak bisa lebih tinggi jika si kecil terkena paparan gadget sejak dini.

Untuk mengatasi ketergantungan anak dalam penggunaan gadget, selain peran orang tua, peran guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) juga sangat penting dalam memberi pemahaman terhadap anak usia dini dalam penggunaan gadget, salah satunya tentang menggunakan terapi konseling untuk anak usia dini. Walaupun guru PAUD bukan berlatar belakang konseling, tetapi dalam menghadapi segala aspek tingkah perilaku anak yang menyimpang, guru PAUD harus memiliki skill tambahan dalam mengimplementasikan ilmu konseling.

Ibu Sri Juani Purwaningsih, S.Pd selaku Ketua Himpaudi Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru, mengungkapkan bahwa permasalahan yang dihadapi guru adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan guru PAUD dalam menggunakan terapi konseling untuk anak usia dini.  Di samping itu, banyak guru PAUD yang tidak memiliki latar belakang S1 Pendidikan atau S.Pd.

Menanggapi permasalahan yang disampaikan oleh Ibu Sri Juani Purwaningsih, S.Pd, maka Dosen FKIP PG PAUD FKIP Unilak, melakukan kegiatan pengabdian dengan tema MANAJEMEN PENDIDIK PAUD DALAM MENGGUNAKAN TERAPI KONSELING UNTUK KETERGANTUNGAN GADGET PADA ANAK USIA DINI SE-KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU.

Kegiatan ini diadakan pada hari Senin, 08 Januari 2021. Peserta merupakan Guru PAUD Se-Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Sean Marta Efastri, M.Pd, Reswita, M.Pd dan Yesi Novitasari, M.Pd.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan Guru PAUD Se - Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru dapat menggunakan teknik konseling terhadap permasalahan yang dihadapi anak di sekolah, salah satunya ketergantungan gadget. *(SME)



Dapat Beasiswa Selama Kuliah, Wanda Dan Firdaus Raih Penghargaan Dari Dekan Fasilkom Unilak
Senin, 30 Nov 2020, 06:36:14 WIB, Dibaca : 226 Kali
Dekan Fekon Unilak Beri Penghargaan Ke Pemuncak Yudisium LXI
Sabtu, 28 Nov 2020, 15:18:08 WIB, Dibaca : 338 Kali
Fakutlas Kehutanan Unilak Gelar Yudisium XXXVI, Pemuncak Yudisium Raih IPK 3, 98
Senin, 30 Nov 2020, 14:00:38 WIB, Dibaca : 219 Kali

Tuliskan Komentar