Ket Foto : Dr Indra Purnama berupaya memperkuat kerjasama riset internasional. Pada Senin (10/6), Dr. Indra melakukan kunjungan ke Universiti Putra Malaysia (UPM) untuk berdiskusi dan menjajaki peluang kolaborasi riset antara kedua institusi

SPs Unilak Jalin Kerjasama Riset Internasional dengan Universiti Putra Malaysia (UPM

Unilak Riau-Malayasia, Senin 10 Juni 2024 Universitas Lancang Kuning (Unilak), melalui Wakil Dekan 3 Bidang Riset dan Publikasi Sekolah Pascasarjana (SPs) yang merupakan dosen S2 Ilmu Pertanian Unilak, Dr. Indra Purnama, terus berupaya memperkuat kerjasama riset internasional. Pada Senin (10/6), Dr. Indra melakukan kunjungan ke Universiti Putra Malaysia (UPM) untuk berdiskusi dan menjajaki peluang kolaborasi riset antara kedua institusi.

Kedatangan Dr. Indra disambut hangat oleh Dr. Nadiya Akmal Binti Baharum, yang mewakili Universiti Putra Malaysia dari Fakultas Bioteknologi dan Sains Biomolekul. Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai peluang dan bidang penelitian yang dapat dikembangkan bersama. Diskusi ini diharapkan dapat membuka jalan bagi proyek-proyek riset kolaboratif yang inovatif dan bermanfaat bagi kedua universitas.

"Kunjungan ini merupakan langkah awal yang sangat positif dalam memperkuat hubungan antara SPs Unilak dan UPM. Kami berharap dapat menciptakan sinergi dalam penelitian yang dapat memberikan dampak signifikan bagi masyarakat dan dunia akademik," ujar Dr. Indra Purnama.

Dr. Nadiya juga menyatakan antusiasmenya terhadap potensi kerjasama ini. "Universiti Putra Malaysia, terutama laboratorium kami, selalu terbuka untuk kolaborasi internasional yang dapat memperkaya keilmuan dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Kami sangat menyambut baik inisiatif dari Dr. Indra dan SPs Unilak, serta berharap kerjasama ini dapat segera terwujud," ujarnya. 
“Adapun kolaborasi riset yang akan dilakukan adalah dalam upaya mencari pengendalian alternatif yang lebih ramah lingkungan dan superior untuk mengatasi patogen Fusarium pada tanaman pisang, yang menjadi salah satu tanaman penting di wilayah tropis,” tambah Dr. Indra yang juga aktif terlibat dalam riset-riset di Pusat Kajian Pertanian Tropis Berkelanjutan, Universitas Lancang Kuning. Rencananya, penelitian ini juga menjadi bagian dari tesis yang dilakukan oleh mahasiswa S2 Ilmu Pertanian Universitas Lancang Kuning.

Kunjungan dan diskusi ini merupakan bagian dari upaya SPsUnilak untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian melalui kemitraan dengan institusi-institusi terkemuka di dunia. Dengan kerjasama ini, diharapkan dapat tercipta penelitian-penelitian yang berkualitas dan inovatif, serta memberikan manfaat nyata bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.