Sonjak Indonesia Star Up Karya Mahasiswa


Sonjak Indonesia Star Up Karya Mahasiswa

Senin, 10 Agu 2020, 21:34:20 WIB, 184 View , Kategori : Mahasiswa

Ket Foto : CTO Sonjak Indonesia Aris Masduki memperlihatkan aplikasi Sonjak di Smartphone.foto/widi


Unilak-Perkembangan teknologi saat kini memudahkan banyak orang dalam segala aspek kehidupan, di latar belakangi untuk memajukan UMKM dalam pemasaran, mahasiswa universitas lancang kuning Fakultas hukum, Aris Masduki membangun aplikasi teknologi Sonjak bersama dengan teman temanya yang terdiri dari programer.

Sonjak adalah singkatan dari Songket dan Tanjak, Sonjak adalah aplikasi teknologi yang dapat diakses di smartphone dengan mendownload di play store. Dengan tagline all in one sonjak memiliki banyak fitur diantaranya UMKM, jasa, perhotelan, Book, event, mall daerah,kuliner dan destinasi. 

Dengan warna tulisan Hijau, Sonjak menampilkan tampilan yang menarik, saat di dowload di play store,besaran file ini tidak lebih dari 10Mb, tampilan enak dilihat, desain fitur juga menarik. Di menu/fiture UMKM ada banyal produk yang telah bergabung, dari Sabang Sampai Merauke, mulai dari kerajinan, Noken khas papua, hingga makanan khas daerah tersedia di aplikasi Sonjak.

CTO (chief Technical Officer ) Sonjak Indonesia, Aris Masduki yang juga mahasiswa fakultas hukum Unilak mengatakan, awal mula adanya  Sonjak ini adalah bentuk dari semangat kami untuk terus mengembangkan potensi dalam negeri, sebelumnya kami pada oktober 2019 pernah mengikuti ajang festival pemuda di semarang., bersama dengan senior kami Ervan Ibsarodan, Jadi kami selaku perwakilan dari provinsi Riau mempersembahkan sebuah karya dengan nama sonjak yaitu singkatan dari Songket dan Tanjak.

"Jadi Sonjak ini awalnya adalah bentuk pemanfaatan daun nanas untuk pembuatan Songket dan Tanjak. Alhamdulillah kami menang dan mengharumkan nama riau waktu itu, seiring dengan perkembangan Sonjak. kami berpikir bahwa belum ada aplikasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan terus membawa eksis produk produk kedaerahan. Maka dari itulah kami membuat aplikasi Sonjak"

Dijelaskan Aris, Sonjak adalah aplikasi yang bernanfaat untuk membantu memasarkan produk produk umkm yang dimiliki oleh masyarakat, dan juga membantu potensi potensi sumber daya manusia yang dimiliki masyarakat di daerah agar dapat terberdayakan dengan aplikasi kami ini serta dengan aplikasi ini produk kebudayaan yang ada juga dapat eksis seiring perkembangan zaman.

Di aplikasi sonjak ini ada 100 UMKM yang telah bergabung dan telah didownload hampir 500 kali. Di dalam aplikasi ini ada fitur UMKM, jasa, perhotelan, event, Mall di daerah, Jelajah Indonesia (wisata), kuliner dan Book, catering, studio foto, konveksi, desainer,akuntan. Dalam pengembangan. Untuk saat ini Sonjak membutuhkan pemodal, dan CEO Sonjak Ervan telah melakukan penjajakan dan peluang kerjasama. Sebut Aris yang baru saja meraih pendanaan proposal dikti lewat pupuk kompos Tandan Sawit.

 

 



Manfaatkan Teknologi Saat Pandemi, Rektor Lantik Pejabat di Lingkungan Unilak
Kamis, 29 Okt 2020, 07:38:56 WIB, Dibaca : 23 Kali
Faperta Unilak Dorong Mahasiswa Berwirausaha Produk Agribisnis Halal dan Bermutu
Jumat, 23 Okt 2020, 23:05:01 WIB, Dibaca : 124 Kali
Sikapi Omnibus Law Dari Berbagai Perspektif, DPM Dan HIMA HTN FH Unilak Taja Webinar
Jumat, 16 Okt 2020, 10:28:41 WIB, Dibaca : 153 Kali

Tuliskan Komentar