Ket Foto : Foto bersama Bapak Teddy Sukmana dengan Dekan FIB Unilak Dr. Mohd. Fauzi, S.S, M.Hum. didampingi WD 1, 2, dan 3, serta para kaprodi dan dosen di Fakultas Ilmu Budaya Unilak

Silaturahmi Bapak Teddy Sukmana, Pamong Budaya Kemendikbud Ristek di FIB Universitas Lancang Kuning: Membangun Komunitas Budaya Riau

Pekanbaru, 27 Maret 2024 - Universitas Lancang Kuning (UNILAK) menyambut dengan hangat kunjungan dan silaturahmi Bapak Teddy Sukmana, seorang Pamong Budaya yang ditugaskan oleh Direktorat Pembinaan Lembaga Tenaga Kebudayaan (PLTK) Kemendikbud Ristek di Riau. Kunjungan ini menjadi momentum penting dalam memperkuat kerjasama antara pemerintah dan perguruan tinggi dalam upaya melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya di Riau.

Kegiatan sharing session yang diadakan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNILAK hari ini menjadi ruang dialog yang sangat bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Dekan FIB UNILAK, Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum., menyambut kedatangan Bapak Teddy dengan antusias, mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara akademisi, pemerintah, dan masyarakat dalam melestarikan warisan budaya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Dekan 1 Iik Idayanti, M.Hum., Wakil Dekan 2 Jefrizal, S.Hum., M.Sn., serta Wakil Dekan 3 Muhammad Kafrawi, S.S., M.Sn. Turut hadir pula Wakil Dekan 1 Sekolah Pascasarjana UNILAK, Dr. Anto Ariyanto, menunjukkan dukungan penuh dari berbagai level akademik UNILAK terhadap upaya pelestarian budaya.

Dalam sesi diskusi, Bapak Teddy membagikan pengalaman dan wawasan tentang pentingnya membangun komunitas budaya serta menciptakan ruang publik yang mendukung perkembangan budaya di Riau, terutama di Pekanbaru. "Kehadiran kita di sini bukan hanya sekadar sebagai penerima informasi, tetapi juga sebagai pembentuk opini dan agen perubahan dalam menjaga keberlangsungan budaya kita," ujar Bapak Teddy.

Dekan FIB UNILAK menambahkan, "Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Bapak Teddy dan kami berkomitmen untuk terus mendukung upaya-upaya yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya di wilayah Riau."

Acara ini tidak hanya sekadar diskusi, tetapi juga menjadi momentum untuk merajut jaringan kerjasama yang lebih luas antara PLTK Kemendikbud Ristek, UNILAK, dan berbagai pihak terkait lainnya. Semua pihak sepakat bahwa kerjasama yang solid dan berkelanjutan adalah kunci keberhasilan dalam menjaga dan mengembangkan kekayaan budaya yang menjadi identitas bangsa.

Kunjungan dan silaturahmi Bapak Teddy Sukmana di FIB UNILAK hari ini tidak hanya menjadi momentum inspiratif bagi kalangan akademisi, tetapi juga bagi masyarakat luas untuk terlibat aktif dalam pelestarian budaya lokal. Semangat kolaborasi yang tercipta dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tonggak awal dalam membangun komunitas budaya yang lebih kuat dan berkelanjutan di Riau, menciptakan ruang publik yang ramah budaya, serta memperkokoh jati diri bangsa Indonesia melalui kearifan lokal yang dimiliki.

 

sun.