Ket Foto : Rektor Unilak dan jajaran wakil rektor mengucapkan selamat lebaran kepada tamu yang hadir saat lebaran Raye Drive Thru

Raye Drive Thru, Cara Unilak Silaturahmi Saat Wabah Corona

Unilak-Di saat Wabah Corona, kreativitas, disiplin dan dan tetap phisical distance harus diutamakan agar aktivitas pekerjaan dapat terus berjalan, seperti yang dilakukan di kampus Universitas Lancang Kuning di masa hari Raya Idul Fitri 1441H. Selasa (26/05/2020).

Melalui ide dan konsep dari rektor Unilak Dr.Junaidi.SS.M.Hum Unilak menggelar Raye Drive Thru di lobi gedung rektorat dengan memperhatikan SOP pencegahan wabah Corona untuk dapat bersilahturahmi dengan jajaran dosen, karyawan, dan mitra media Unilak tanpa harus bersalaman.

Raye Drive Thru adalah kegiatan silaturahmi dalam bentuk berjumpa tatap muka tanpa harus bersalaman,  dimana dosen dan karyawan Unilak kemudian menyapa pimpinan Unilak dari kendaraan tanpa harus bersalaman sebagaimana mestinya saat silaturahmi rumah ke rumah, dan yang menarik, antrian kendaraan tetap diatur dan berjarak 2 meter. Antrean kendaraan seperti ini umumnya terlihat di restoran cepat saji, yang berbeda adalah pihak rektorat memberikan paket Lebaran.

Beberapa aturan yang dilakukan Drive Thru yaitu wajib menggunakan masker, tidak berjabat tangan, dan menerapkan phisical distance, serta tersedia fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer, artinya silahturahmi ini memperhatikan SOP dari pencegahan Wabah Corona.

Raye Drive Thru di Unilak dimulai sejak pukul 9-11, dengan menggunakan masker, rektor Unilak Dr.Junaidi bersama wakil rektor I Zamzami.S.Kom.M.Kom, wakil rektor II Hardi SE.MM, dan wakil rektor III Dr Bagio Kadaryanto menyambut bahagia tamu tamu yang melintas di depan lobi yang berada di dalam kendaraan dan saling mengucap selamat lebaran.

Wajah kerinduan,tawa dan bahagia terlihat jelas dari para dosen yang ikut raye Drive Thru, walaupun bertemu beberapa detik tapi berjumpa langsung dan melihat langsung senyum pimpinan  ada rasa bahagia yang terlihat dari Raye Drive Thru.

"Silaturahmi ini baru pertama kali digelar sebagai cara beradaptasi dengan kondisi wabah COVID-19 dengan tetap memperhatikan SOP, dan Unilak memberikan 400 paket lebaran bagi tamu yang mengikuti raye Drive Thru agar bertambah kebahagiaan".

Ia menambahkan kegiatan kerja karyawan dan dosen kini mulai berjalan di kampus Unilak, namun mahasiswa masih libur. “Mahasiswa nanti akan langsung ujian pada akhir Juni secara online karena belum bisa kuliah secara fisik di kelas,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan proses penerimaan mahasiswa baru di Unilak juga menggunakan sistem jaringan di situs pmb.unilak.ac.id. Pihaknya memberikan kemudahan untuk pendaftar yaitu tanpa tes masuk dan diskon uang pengembangan hingga 50 persen.

“Sudah banyak yang daftar karena kita ada program Pasti Kuliah, yakni memberikan diskon sampai 50 persen uang pengembangan. Ini diberikan karena pada masa sulit ini jangan sampai anak-anak tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” demikian Dr. Junaidi.

Sementara itu salah satu tamu yang mengikuti raye Drive Thru, dekan Fakultas Hukum Unilak Dr.Fahmi SH.MH, saat ditemui memberikan apresiasi kepada Rektor beserta jajarannya atas ide kreatif nya dalam  melaksanakan Kegiatan Raye Drive Thru.
"Walaupun situasi pandemik Corona ,tidak menghalangi Keluarga besar Unilak untuk melakukan silaturahmi sebagai pengganti kegiatan halal bi halal. Kegiatan Raye Drive Thru ini sebagai bentuk kegiatan yang mematuhi himbauan pemerintah untuk menerapkan standar protokol kesehatan".