Ket Foto :

Ratusan Dosen Unilak Gotong Royong Sisihkan Gaji Untuk Berikan Beasiswa Kepada Mahasiswa

Unilak Riau-Di hari baik Jum'at, 8/Maret/2024 Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau kembali menyalurkan beasiswa Cendikia kepada mahasiswa yang kurang mampu. Sumber dana beasiswa berasal dari gaji sertifikasi dosen yang disisihkan. Penyerahan dilakukan di aula gedung Rektorat Unilak.

Lebih dari 110 dosen Unilak telah ikut berpartisipasi menyisihkan gaji untuk 36 mahasiswa yang tersebar di 9 fakultas Unilak. Setiap fakultas diseleksi dan dipilih sebanyak 4 orang mahasiswa yang memiliki nilai akademik yang baik dan dari keluarga yang kurang mampu. Sejak diluncurkan 8 tahun lalu, total penerima beasiswa hampir 400 orang.

Menurut Ketua beasiswa Cendikia Unilak Dra Dian Rianita MA, beasiswa Cendekia merupakan beasiswa yang bersumber dari gaji para dosen Unilak yang dipotong tiap bulan kemudian dikumpulkan dan disalurkan kepada mahasiswa. Beasiswa Cendekia telah berlangsung sejak 8 tahun lalu, dan diserahkan terus menerus setiap tahunnya termasuk saat pandemi Covid 19.

"Beasiswa yang diberikan ini diharapkan mahasiswa terus dapat kuliah hingga sarjana, dan termotivasi untuk memberikan nilai terbaik. Dan mendapatkan tambahan dana dari Universitas. Kita do'akan calon penerima beasiswa bertambah, saya berharap penerima menjaga nama baik kampus, Semoga bantuan ini bermanfaat untuk meningkatkan performacenya di kampus" ujar Dra Dian.

Sementara itu Bendara besiswa Cendikia Ambar Tri Ratnaningsih S Hut MSI, mengatakan bantuan beasiswa ini diinisiasi oleh dosen Unilak almarhumah Ir Surtinah,MSi. " Beliau telah mendahului kita, mari kita kirimkan doa untuk beliau."

Ditempat yang sama Wakil Rektor II Unilak Dr Jeni Wardi yang menyerahkan secara simbolis menyebutkan, bahwa beasiswa bantuan  untuk mahasiswa ini sudah dipilih diseleksi oleh masing masing fakultas.

" Tiap mahasiswa mendapatkan bantuan 2 juta rupiah, dengan ada beasiswa ini motivasi belajar semakin baik lagi. Jangan sampai turun nilainya. Diharapkan juga para penerima beasiswa membantu mempromosikan kepada tekan rekan atau adik-adik nya untuk kuliah di Unilak. Saya kira ini suatu keberkahan bagi penerima. Do'akan para dosen untuk sehat selalu, Unilak semakin maju. Ini adalah bentuk kekeluargaan Unilak, dan tidak ada dilakukan di kampus lain. Jika suatu saat kalian berhasil maka selalu ingat Unilak. Ingat prinsip saling peduli, saling menolong. Ujar Dr Jeni.

Sementara itu salah seorang penerima beasiswa Naya dari Fadiksi Unilak mengucapkan terima kasih kepada dosen dosen yang telah menyisihkan gaji untuk diberikan kepada kami. Saya terharu, mudah mudahan dosen kami selalu sehat, bantuan beasiswa ini tentu membantu biaya kuliah kami, berita ini akan saya sampaikan kepada orang tua, agar orang tua juga senang, orang tua saya buruh serabutan, ujar Naya.