Ket Foto :

Pusat Studi Halal Unilak dan Pengurus Mesjida Al Fatah Latih Puluhan Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia Ikuti Pelatihan Penyembelih Halal Hewan

Unilak Riau - Pusat Studi Halal Unilak Dan Pengurus Mesjid Al Fatah gelar pelatihan penyembelihan halal hewan yang diselenggarakan di halaman Mesjid, Minggu, 9/06/2024. Pelaksanaan pelatihan ini dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1445H dan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang cara yang benar, bersih, serta sesuai syariat agama Islam memotong hewan.

Pelatihan ini mengundang tiga narasumber yang berkompeten yaitu, M Algusamsur SP, Dr H Lasri Nijal LC MH dan Ketua Pusat Studi Halal Unilak Dr Indra Purnama. Pelatihan yang diberikan yaitu, teknik pemotongan hewan, praktek langsung, manajemen pengelolaan daging kurban, fiqih kurban, dan perawatan asah bilah. Dengan peserta masyarakat umu, dari 20 mahasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Ketua Panitia M Algusamsur SP mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Rektor Unilak dan Pusat Studi Halal Unilak di tahun 2024 ini masih dapat memberikan pelatihan teknik penyembelihan hewan. Peserta pelatihan tahun ini meningkat, dan mengikutsertakan mahasiswa se Indonesia yang mengikuti PMM 2024.

" Karena hewan kurban ini adalah niatnya ibadah, maka perlu dilakukan juga sesuai dengan syariat agama agar niat dari para peserta kurban juga tersampaikan dengan baik. Ketika panitia tidak tau tata cara, manajemen menyembelih maka bisa jadi niat itu tidak tersampaikan. Tahun ini praktek penyembelihan langsung ke kambing, agar peserta langsung dapat mengetahui teknik dan fiqihnya. " ucap Algu.

Ditempat yang sama Dr Lasni Rizal menyebutkan, tata cara menurut syariah, yaitu hewan maupun pemotong menghadap kilbat, gunakan pisau yang sangat tajam, baca basmalah, dan solawat kemudian baca doa menyembelih.

" Saat memotong, ada empat hal yang harus dipastikan, tenggorokan, kerongkongan, dan dua jalur darah ke jantung dan jalur darah ke dai terpotong, maka ini sempurna. ucap Dr Lasni Rizal.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi yang hadir langsung memberikan apresiasi kepada pengurus mesjid Al Fatah Unilak dan Pusat Studi Halal yang kembali mengadakan pelatihan ini. Saya kita mengikut sertakan mahasiswa PMM Unilak tahun 2024 adalah terobosan baru, ini bagus bagi pengetahuan adik adik mahasiswa PMM, mereka dapat mengetahui langsung ilmu dari narsumber yang paham akan teknik, adab, dan fiqih dalam menyembelih hewan.