Perkuat Keimanan di Masa Pandemi, Rektor Unilak Luncurkan Program Jumat Berkah


Perkuat Keimanan di Masa Pandemi, Rektor Unilak Luncurkan Program Jumat Berkah

Jumat, 02 Okt 2020, 19:34:19 WIB, 357 View Widi, Kategori : Unilak

Ket Foto :


Unilak Pekanbaru-Di tengah pandemi meningkatnya kasus Covid 19 di Pekanbaru, Rektor Universitas Lancang Kuning (unilak) Dr. Junaidi.SS.M.Hum meluncurkan program Jumat Berkah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan baik dosen, mahasiswa, pegawai dan masyarakat.

Pelakasanan program Jumat berkah dilakukan secara virtual, dengan menggunakan aplikasi zoom,dan dimulai sejak jam 8.30 pagi. "Di Unilak telah rutin setiap bulannya diadakan kegiatan wirid bulanan, dan di masa pandemi ini kita tingkatkan kegiatan keagaman, dan dilakukan setiap hari jumat" Ujar Rektor mengawali sambutan.

Dijelaskan rektor, program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang agama, meningkatkan keimanan dan ketakwan dan bisa meningkatkan kinerja dalam bekerja. Setiap hari Jumat tema yang akan diangkat selalu berbeda.

Dalam program jumat berkah ini sebagai penceramah yaitu, Dr. Subhan Afifi.M.Si, dosen komunikasi dari UII Yogyakarta, mengangkat tema etika Komunikasi dalam Islam.

Sementara Ustad Dr. Subhan dalam ceramahnya mengatakan,  Islam telah mengajarkan bagaimana cara berkomunikasi yang baik, salah satunya di lingkungan keluarga, bahwa dilarang mengatakan 'ah" kepada orang tua.

Dijelaskannya, bahwa Nabi Muhammad.SAW, telah mengajarkan cara komunikasi dalam segala aspek kehidupan yang di gali dari AlQuran dan hadist. Saat ini ilmu komunikasi banyak bersumber dari teori teori barat. Kami di UII, mencoba mengembangkan propentih komunikasi yaitu mencoba menggali komunikasi yang dilakukan oleh Nabi. Bagaimana Nabi berkomunikasi dan itu kami gali dari Al-quran, dan sunnah yang memberikan tuntutan dalam semua aspek kehidupan. Ujar Dr. Subhan.

Disebutkanya bahwa Islam mendasarkan komunikasi itu dari niat. Menurutnya ada  6 hal yang penting dalam berkomunikasi dalam Islam. Yaitu, satu, Islam memandang persoalan niat sebagai dasar ketika awal komunikasi. Dua, merancang makna komunikasi itu seperti apa. Ketiga, etika komunikasi sangat erat dalam pilihan kata. Empat, efek erat akibat komunikasi. Kelima, bahwa komunikasi itu pada dasarnya adalah catatan dirinya, menasehati pada dirinya. Dalam islam seorang pembicara bahwa yang utama dia sedang menasehati dirinya, dan yang terakhir komunikasi adalah cerminan dari jiwa.

Pelaksanaa Jumat Berkah virtual ini berlangsung selama lebih dari 1 jam, dengan jumlah peserta lebih dari 100 orang, bahkan beberapa berasal dari masyarakat umum, di program jumat berkah ini juga diisi dengan tanya jawab.



Manfaatkan Teknologi Saat Pandemi, Rektor Lantik Pejabat di Lingkungan Unilak
Kamis, 29 Okt 2020, 07:38:56 WIB, Dibaca : 23 Kali
Faperta Unilak Dorong Mahasiswa Berwirausaha Produk Agribisnis Halal dan Bermutu
Jumat, 23 Okt 2020, 23:05:01 WIB, Dibaca : 123 Kali
Sikapi Omnibus Law Dari Berbagai Perspektif, DPM Dan HIMA HTN FH Unilak Taja Webinar
Jumat, 16 Okt 2020, 10:28:41 WIB, Dibaca : 152 Kali

Tuliskan Komentar