Ket Foto : Dosen Fadiksi Unilak Memaparkan Materi Kepada Guru-Guru SMA Budhi Luhur

Pengabdian Dosen-Dosen Fadiksi Unilak di SMA Budhi Luhur: Analisis Menggunakan Teknik Certainty of Response Index (CRI)

Fadiksi Unilak - Pembelajaran dengan sistem hybrid learning menjadi salah satu pilihan bagi guru pada masa setelah pandemic Covid. Mau tidak mau maka guru dan siswa harus melek terhadap teknologi yang terus berkembang. Media pembelajaran yang berbasis IT dapat menjadi sarana yang mendukung meningktanya hasil belajar siswa. Namun tak lepas dari itu media pembelajaran dapat menjadi sumber terjadinya miskonsepsi pada siswa.

SMA Budhi Luhur merupakan salah satu SMA di Pekanbaru yang menerapkan sistem pembelajaran hybrid learning. Kekhawatiran sekolah akan efek negative yang muncul menjadi masalah terhadap hasil belajar. Oleh sebab itu solusi dilaksanakannya sebuah Kegiatan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa yang bukan hanya sekedar pemahaman saja tapi dapat mengidentifikasi miskonsepsi siswa yaitu teknik Certainty of Response Index (CRI).

Pada hari Jum’at tanggal 20 Januari 2023 ditaja kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di SMA Budhi Luhur. Kegiatan dihadiri oleh seluruh guru-guru dari semua mata pelajaran. Kegiatan beragendakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan alat evaluasi dengan tekni Certainty of Response Index (CRI). Guru mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat soal dengan tipe CRI dan mengolah data sehingga mendapatkan hasil belajar siswa yang dengan kategori paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep. Hasil evaluasi mendapatkan terjadinya peningkatan pengetahuan guru dalam mebuat modifikasi alat evaluasi hasil belajar.

Guru-guru merasa sangat bermanfaat kegiatan yang dilakukan dan mdapat menambah wawasan untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Harapannya bisa menjadi salah satu awal kegiatan yang dapat berkembang untuk kegiatan lainnya dalam model yang berbeda.