Ket Foto : Foto Bersama Petinggi FIB Unilak dan Rombongan BPK Wilayah IV Provinsi Kepulauan Riau Serta Mahasiswa FIB

Nonton Bareng Film Dokumenter Budaya Melayu di Unilak: Menghidupkan Kembali Warisan Budaya

Pekanbaru, 22 Mei 2024 - Dalam rangka mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Melayu, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) bekerja sama dengan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IV Provinsi Kepulauan Riau mengadakan kegiatan nonton bareng film dokumenter tentang Budaya Melayu. Acara yang berlangsung pada Rabu, 22 Mei 2024, di Balai Pustaka Unilak ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen FIB, serta sejumlah tamu undangan penting.

Kegiatan nonton bareng ini dibuka secara resmi oleh Dekan FIB, Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum, yang menyampaikan pentingnya memahami dan melestarikan budaya lokal di era modern. "Film dokumenter ini bukan hanya sekedar tontonan, tetapi sebuah jendela untuk memahami warisan leluhur kita yang kaya dan beragam. Kami berharap acara ini dapat menginspirasi para mahasiswa untuk terus menggali dan mempromosikan kebudayaan Melayu," ujar Dr. Fauzi dalam sambutannya.

Acara ini turut dihadiri oleh Kasubag Umum Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IV Provinsi Kepulauan Riau, Hariadi, S.S., M.A., beserta rombongan, yang juga memberikan sambutan hangat. "Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Unilak dalam acara ini. Melalui film dokumenter ini, kita dapat memperlihatkan kepada generasi muda betapa pentingnya menjaga dan menghargai budaya kita," kata Hariadi.

Film dokumenter yang ditayangkan mengupas berbagai aspek budaya Melayu, mulai dari seni tari, musik tradisional, hingga adat istiadat dan ritual yang masih dijaga hingga saat ini. Para mahasiswa dan dosen yang hadir tampak antusias menyaksikan setiap adegan, yang disajikan dengan visual dan narasi yang menarik.

Tidak hanya menonton, para hadirin juga berkesempatan untuk berdiskusi setelah pemutaran film. Diskusi ini dipandu oleh beberapa ahli budaya dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IV, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik yang disajikan dalam film.

Wakil Dekan 1, 2, dan 3 FIB Unilak juga turut hadir dan memberikan dukungan penuh terhadap acara ini. Mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara rutin untuk memperkuat apresiasi terhadap kebudayaan lokal di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan nonton bareng film dokumenter ini menjadi bukti nyata komitmen FIB Unilak dalam mendukung pelestarian budaya Melayu. Melalui acara ini, diharapkan semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk belajar dan melestarikan warisan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita.

Mari bergabung dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning dan jadilah bagian dari upaya melestarikan kebudayaan Melayu yang kaya dan penuh makna. Unilak, tempat di mana budaya dan pendidikan bersatu untuk membentuk masa depan yang lebih baik!