Menyibak Sumatera Tengah, Bedah Buku Karya Richard H Hopper


Menyibak Sumatera Tengah, Bedah Buku Karya Richard H Hopper

Kamis, 01 Apr 2021, 14:10:32 WIB, 121 View Widi, Kategori : Unilak

Ket Foto :


PEKANBARU - Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning bekerjasama dengan SKK Migas PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI) dan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau sukses menaja kegiatan bedah buku yang diberi tajuk "Menyibak Sejarah Sumatera Tengah - Bedah Buku Ribuan Tahun Sumatera Tengah karya Richard H. Hopper". Dalam kegiatan yang berlangsung melalui aplikasi zoom meeting pada pukul 08.30 hingga 12.30 WIB, Rabu (31/3/2021) tersebut dihadiri oleh ratusan peserta lintas kota, provinsi dan negara.

M. Kafrawi, S.S., M.Sn selaku Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangun ruang-ruang diskusi dan literasi budaya. Ditambah lagi buku yang menjadi sumber utama untuk dibedah sangat menarik menjadi pembahasan.

"Keberadaan buku ini ditulis oleh orang luar (Indonesia) berdasarkan sudut pandang dan kenyataan yang ia temui di lapangan tentang Sumatra Tengah yang dahulunya Riau adalah bagian darinya. Tentunya ini menarik untuk kita ketengahkan. Mengukur dan menakar kedalamannya dari berbagai perspektif kemungkinan. Maka FIB Unilak tertarik menaja kegiatan ini dengan mengundang pakar-pakar sejarah dan budayawan Riau," ungkap Kafrawi.

Adapun pakar-pakar sejarah dan budaya yang menjadi narasumber adalah Prof. Suwardi MS (sejarahwan), Taufik Ikram Jamil (budayawan), Dr. Junaidi (akademisi budaya) dan Prof. Samsul Nizar (akademisi pemerhati budaya) yang dipandu oleh Jefrizal, S.Hum, M.Sn selaku WD III FIB Unilak. Dekan yang juga merupakan seniman Riau ini menambahkan, dengan adanya ruang diskusi ini diharapkan menjadi pemercik untuk mendedahkan kembali sejarah Sumatra dan Riau.

"Ramainya peserta yang bergabung dari lintas kota, provinsi dan negara menandakan bahwa Sumatra dan Riau ini besar namanya. Jika tidak begitu tentu tidak akan ada ketertarikan peserta yang sudi bergabung di dalam webinar ini," tambah Kafrawi.

Di antara peserta yang turut bergabung dari penjelasan Kafrawi, berasal dari negara Australia, Malaysia dan Thailand. Sementara provinsi dan kota di antaranya Ternate, Banyumas, Purwokerto, Mojokerto, Bantul dan lainnya.

"Untuk provinsi dan kota di Sumatra hampir semua mewakili. Jumlah pendaftar yang kami tampung melalui google form berjumlah 476 peserta. Itu belum yang bergabung langsung tanpa pendaftaran" jelasnya.

Sementara Sukamto Tamrin selaku General Manager Corporate Affairs PT CPI menjelaskan, buku "Ribuan Tahun Sumatera Tengah" adalah buku yang ditulis oleh Richard H. Hopper seorang geolog yang berjasa besar menemukan ladang minyak di Riau. Meskipun ia merupakan seorang geolog, ia juga mencintai tanah Sumatra sehingga tertarik untuk menulis buku berunsur sejarah dan budaya ini.

"Beliau tidak hanya berjasa sebagai penemu ladang minyak yang kini dikelola SKK Migas PT. Chevron, namun juga berjasa memberi catatan sejarah dan budaya tentang Riau yang dahulu tergabung dalam Sumatra Tengah," jelas Sukamto.

Sukamto juga mengharapkan buku Sumatera Tengah ini dapat memperkaya khazanah sejarah dan budaya Bumi Melayu. Selain itu diharapkan dari buku ini dapat melengkapi literatur-literatur yang sudah ada tentang Bumi Melayu maupun Nusantara sehingga mozaik sejarah semakin lengkap, termasuk awal mula kehadiran dan operasi Chevron di Riau.

"Kami berharap bahwa buku Sumatera Tengah ini sekaligus menjadi salah satu sarana pengingat bahwa Chevron merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan sejarah Riau. Bahwa kami tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Riau," ungkapnya.

Dalam kegiatan yang cukup hangat direspon oleh peserta tersebut turut pula menampilkan musikalisasi puisi Kesara FIB Unilak. Mereka merupakan mahasiswa-mahasiswi FIB Unilak yang kreatif dalam dunia sastra dan musik.



Wakil rektor III Unilak Buka Sosialisasi Dan Jejak Pendapat Pembentukan Konstitusi Ormawa
Jumat, 16 Apr 2021, 09:40:23 WIB, Dibaca : 36 Kali
Fekon Unilak Gelar Yudisium LXII, Dekan Berikan Penghargaan ke Pemuncak Yudisium
Kamis, 15 Apr 2021, 11:00:30 WIB, Dibaca : 41 Kali
Kolaborasi Fasilkom dan FKIP Unilak Lakukan Pengabdian Peningkatan Kemampuan Bagi Guru Paud
Kamis, 15 Apr 2021, 09:53:44 WIB, Dibaca : 40 Kali

Tuliskan Komentar

Hello!

Klik salah satu customer service kami untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email kepada kami info@unilak.ac.id

Support Customer Service PMB 1
6285349494909
Support Customer Service PMB 2
6285349494919
Hubungi kami dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB
Halo! Apa yang bisa kami bantu?
×
Apa yang bisa saya bantu?