Membanggakan, Dosen Unilak di Undang Jadi Mentor Publikasi Jurnal Bereputasi Internasional


Membanggakan, Dosen Unilak di Undang Jadi Mentor Publikasi Jurnal Bereputasi Internasional

Rabu, 11 Nov 2020, 14:08:23 WIB, 141 View Widi, Kategori : Dosen

Ket Foto : Muhammad Rasyid Abdillah, Ph.D. Dosen Program Studi Manajemen ini diminta untuk menjadi mentor dalam pelatihan reviewer professional pada publikasi internasional dari Publons Academy


Unilak - Dosen Universitas Lancang Kuning kembali meraih prestasi membanggakan di taraf Internasional, kali ini dalam bidang publikasi ilmiah bertaraf internasional yang di dapatkan oleh Muhammad Rasyid Abdillah, Ph.D. Dosen Program Studi Manajemen ini diminta untuk menjadi mentor dalam pelatihan reviewer professional pada publikasi internasional dari Publons Academy. Untuk di Riau, beliau merupakan akademisi pertama pada bidang manajemen yang menjadi mentor di Publons Academy.

"Saya diminta oleh pihak Publons Academy untuk jadi mentor bagi peserta pelatihan online untuk menjadi reviewer profesional bertaraf internasional, " ujar Dr. Rasyid, Selasa (10/11). 

Perlu diketahui Publons Academy merupakan salah satu Akademi yang mempersiapkan para akademisi untuk menjadi reviewer professional bertaraf Internasional. Akademi ini disediakan oleh Publons (https://publons.com) untuk para calon reviewer pada jurnal-jurnal ilmiah agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mereview naskah-naskah ilmiah yang akan dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Dalam pelatihan online tersebut, para peserta dibekali materi tentang tata cara melakukan review naskah ilmiah. Sementara itu, akhir dari proses pembelajaran tersebut adalah praktik melakukan review naskah dengan cara mengundang reviewer-reviewer berpengalaman untuk menilai menjadi mentor untuk menilai dan memberikan saran perbaikan terhadap hasil praktik review yang dilakukan dari peserta pelatihan tersebut.

Di jelaskan Rasyid, Publons sendiri merupakan salah satu database yang menyimpan rekam jejak (track record) para peneliti dan reviewer di seluruh dunia. 

"Undangan untuk menjadi mentor biasanya berasal dari informasi rekam jejak seorang peneliti yang berhubungan dengan pengalamannya dalam melakukan reviewer di beberapa jurnal ilmiah internasional bereputasi." 

Ketika kita memiliki rekam jejak dalam melakukan review naksah ilmiah pada jurnal internasional bereputasi maka akan besar peluang kita untuk diminta jadi mentor dalam kegiatan pelatihan online di Publons Academy, sebut Rasyid yang memiliki gelar akademik Doktor Filsafat (Doctor of Philosophy) bidang manajemen di Da-Yeh University, Taiwan pada bidang Ilmu Manajemen.

Ketika ditanya apa manfaat menjadi mentor, ia menyebutkan, dengan terlibat dalam kegiatan tersebut nama kita sebagai akademisi pada bidang tertentu akan dikenal oleh akademisi lainnya di seluruh dunia.

Dr. Rasyid juga telah memiliki beberapa publikasi ilmiah baik pada tingkat Nasional maupun Internasional yang terindeks pada database seperti Scopus (pada level Q1, Q2, dan Q3) dan Web of Science (SSCI & ESCI). Pada database di Publons, Rasyid tercatat pernah melakukan review naskah ilmiah sebanyak 19 kali di 7 Jurnal Internasional Bereputasi seperti Knowledge Management Research & Practice, SAGE Open, Journal of Organizational Effectiveness: People and Performance, International Journal of Organization Theory & Behavior, Social Behavior and Personality, Journal of International Education in Business dan Journal Islamic Accounting and Business Research.

Disebutkan Rasyid untuk di Riau sendiri, sependek pengetahuannya belum ada akademisi pada bidang manajemen yang pernah menjadi mentor di Publons Academy.

“Sampai saat ini saya belum menemukan akademisi pada bidang manajemen di Riau yang pernah menjadi mentor di Publons Academy karena untuk menjadi mentor dibutuhkan pengalaman dalam hal publikasi dan pernah menjadi reviewer di Jurnal-Jurnal Internasional Bereputasi,” sebutnya.



Dekan FIB Kukuhkan 70 Peserta Yudisium, Resmi Menyandang Gelar Sarjana.
Sabtu, 28 Nov 2020, 15:14:48 WIB, Dibaca : 22 Kali
Dekan Fekon Unilak Beri Penghargaan Ke Pemuncak Yudisium LXI
Sabtu, 28 Nov 2020, 15:18:08 WIB, Dibaca : 15 Kali
FKIP Unilak Gelar Yudisium XX, 96 Mahasiswa Resmi Menyandang Gelar Sarjana
Jumat, 27 Nov 2020, 22:10:47 WIB, Dibaca : 30 Kali

Tuliskan Komentar