Ket Foto : Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum dan mahasiswa Prodi Sastra Inggris berfofo di depan Istana Siak Sri Indrapura

Mahasiswa Prodi Sastra Inggris Unilak Mengunjungi Istana Siak Sri Indrapura: Menguak Sejarah dan Budaya Melayu

Pekanbaru, 21 Mei 2024 - Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) mengadakan kunjungan edukatif ke Istana Siak Sri Indrapura. Kunjungan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang sejarah dan kebudayaan Melayu, khususnya pada masa kepemimpinan Sultan Syarif Kasim II. Didampingi oleh dosen sastra Inggris yang juga Dekan FIB Dr. Mohd. Fauzi, S.S., M.Hum, para mahasiswa disuguhi pengalaman langsung yang penuh nilai sejarah.

Istana Siak Sri Indrapura, yang didirikan pada tahun 1723 M, menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Siak Sri Indrapura. Para mahasiswa memulai perjalanan mereka dengan menjelajahi jejak peninggalan sejarah di dalam istana. Mereka mengamati pajangan-pajangan yang menggambarkan kehidupan dan peran para petinggi kerajaan di masa lampau.

Selanjutnya, rombongan mahasiswa beralih ke kapal Kato, sebuah artefak penting yang mencerminkan teknologi maritim pada masa itu. Tidak hanya itu, mereka juga berkesempatan untuk memasuki rumah Sultan, yang penuh dengan benda-benda bersejarah dan cerita-cerita menarik dari masa kepemimpinan Sultan Syarif Kasim II.

Selain itu, kunjungan ini juga membawa mereka ke makam para sultan dan petinggi kerajaan, sebuah momen yang memberikan refleksi mendalam tentang perjuangan dan dedikasi para pemimpin terdahulu. Perjalanan kemudian berlanjut ke Tangsi Belanda, tempat di mana mereka menemukan sejarah tentang 12 sultan yang pernah memerintah Kerajaan Siak.

Tak ketinggalan, para mahasiswa juga mengunjungi tempat kerajinan tenun tradisional. Di sini, mereka menyaksikan langsung proses pembuatan kain tenun yang masih dilestarikan hingga saat ini. Hal ini menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya Melayu yang perlu dijaga dan dihargai.

Kunjungan ini memberikan wawasan baru bagi para mahasiswa Prodi Sastra Inggris FIB Unilak, karena mereka tidak hanya di ajarkan satra dari luar tapi juga diajak mengenal budaya yang menjadi kearifan lokal yang bisa dikenalkan ke seluruh dunia dengan kebanggaan. Melalui kegiatan seperti ini, Unilak membuktikan komitmennya dalam memberikan pengalaman belajar yang mendalam dan menyeluruh kepada mahasiswanya. Diharapkan, dengan adanya kunjungan edukatif ini, semakin banyak generasi muda yang bergabung dan mengeksplorasi dunia Sastra Inggris di Unilak.

Bergabunglah dengan Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning, dan jadilah bagian dari perjalanan menakjubkan dalam mengeksplorasi sejarah, budaya, dan sastra yang memukau. Unilak, tempat di mana masa depan Anda dimulai!