Ket Foto :

Mahasiswa Prodi Manajemen Unilak Terpilih Duta 3R Saat Grand Final Duta Lingkungan Kota Pekanbaru

Unilak Pekanbaru---Mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru berhasil masuk 10 besar finalis duta lingkungan yang diadakan oleh dinas DLHK Kota Pekanbaru. 

Pada saat malam Grand Final. Martina Br Hotang terpilih sebagai Duta 3R (Reduce, Reuce, Recycle). Malam Gran Final Duta lingkungan dilakukan 6 Oktober lalu di hotel Prime Park Pekanbaru.

Terpilih sebagai duta lingkungan yaitu, Ledi Asia yang menyisihkan peserta finalis lainnya. Kepala Dinas DLHK kota Pekanbaru Dr. H. Marzuki, S.E. p.Si, Pemilihan Duta Lingkungan Kota Pekanbaru sudah diselenggarakan sejak tahun 2015. Tujuannya untuk memilih generasi muda sebagai garda terdepan dalam menyuarakan isu lingkungan.

Dalam kegiatan Duta Lingkungan Hidup ini, akan dipilih 3 orang duta lingkungan hidup dengan 7 duta pendamping, yang akan bertugas berdampingan dengan DLHK selama 2 tahun.

Dijelaskan Marzuki, mereka yang terpilih pemenang pertama, runner up kedua dan ketiga, akan didapuk sebagai Duta Lingkungan Hidup, Duta 3R (Reduce, Reuce, Recycle), Duta Asri, Duta Langit Biru, Duta Peduli Air, Duta Kampung Iklim, Duta Bank Sampah dan Duta Kebersihan. 

Peserta duta lingkungan ini terdiri dari mahasiswa-mahasiswi Universitas yang ada di Kota Pekanbaru.

“Tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan duta lingkungan hidup ini adalah meningkatkan kepedulian generasi muda dalam perlindungan dan pengelolahan lingkungan hidup, mengembangkan dan menjaga budaya kearifan lokal dalam rangka pelestariaan fungsi lingkungan, memberikan dampak positif kepada generasi muda sebagai agen perubahan dalam pengelolahan lingkungan hidup, dan agar para generasi muda yang memiliki bakat dan potensi di bidang lingkungan hidup berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup,” paparnya.

Marzuki menambahkan, harapan setelah terpilihnya duta lingkungan hidup tahun 2021 dapat membantu sebagai perpanjangan pemerintah dalam pelestarian lingkungan hidup dan kampanye tentang lingkungan hidup.

Sementara itu Dekan Fekon Unilak Dr. Arizal SE.MM merasa senang atas pencapaian yang diraih oleh Martina Br Hotang. " Selamat atas pencapaian prestasi, prestasi ini sangat bermanfaat bagi Fekon untuk menunjang akreditasi prodi dalam penilaian non akademik dalam membantu mendukung mewujudkan Unilak unggul 2030, dan juga sebagai motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berprestasi." Kamis(7/10/2021).

" Senang, terkejut,  ga nyangka bisa masuk 10 besar dan terpilih sebagai Duta 3R," ujar Martina saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Sabtu (9/10/2021).