Ket Foto : Rektor Unilak Dr. Junaidi.SS.M.Hum membuka seminar nasional yang diadakan Fasilkom Unilak

Fasilkom Unilak Felar Seminar Nasional Tentang Peran Teknologi Di Masa Pandemi

Unilak Pekanbaru - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning menggelar seminar nasional dengan menghadirkan dua guru besar sebagai narasumber. Seminar digelar secara virtual diikuti oleh perguruan tinggi di Indonesia dengan lebih dari 100 peserta. Mengangkat tema peran teknologi di masa pandemi sebagai narasumber yaitu Prof. Dr.Ir. Agus Buono M.SI..M.Kom, dari IPB, Prof. Dr. Sarjan Defiy,S.Kom.MSc, guru besar UPI YPTK Padang, Dr.Junaidi. SS.M.Hum rektor Unilak dan dosen Fasilkom Unilak Dr. Nurliana ST.N Kom,Senin(14/12/2020).

Pelaksanaan seminar telah dimulai sejak pukul 8.30 pagi, ketua pelaksana seminar wakil dekan I Fasilkom Ahmad Zamsuri.M.Kom. dalam sambutannya menyebutkan pandemi telah membuat berbagai bidang kewalahan tidak terkecuali dunia pendidikan. Peran teknologi sangat dibutuhkan terlebih di masa pandemi.  Jangan sampai akifitas dunia pendidikan terkendala, maka fasilkom Unilak mengadakan seminar dengan mengundang para pakar, pengambil kebijakan dan para peneliti untuk berbagi pengetahuan.

Seminar turut dihadiri oleh wakil Rektor I Unilak Zamzami,S.Kom.,M.,Kom, dekan FIA Unilak, dekan Fasilkom, dan jajaran dosen di Unilak. Dekan Fasilkom Fadrijal.M.Kom dalam sambutannya mengatakan  semoga seminar ini mampu memberikan pencerahan bagi peserta dalam peningkatan Tri Darma Perguruan Tinggi dan peningkatan penggunaan aplikasi teknologi. " Seminar nasional ini harus mampu mendorong para pendidik, peneliti dan praktisi teknologi untuk dapat memunculkan teknologi baru dan mengimplementasikan  dalam dunia pendidikan. 

Seminar dibuka oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi. Dalam sambutannya Rektor Unilak memberikan aspresiasi kepada fasilkom Unilak yang telah mengadakan seminar nasional ini.  " Saya berharap ini (seminar) dapat dilaksanakan secara rutin tiap tahun sehingga dapat menjadi wadah untuk berbagi infromasi. " 

Tema ini sangat cocok mengaitkan teknologi dengan kondisi covid, kita tidak bisa larud dalam krisis /corona , kita harus pandang krisis ini menjadi peluang dan ketika seminar ini dilakukan yang pesertanya adalah yang menggeluti digital teknologi ini memomentum, harus dijadikan titik loncatan untuk mengoptimalkan teknologi, ujar Dr. Junaidi.

Di ceritakan Dr Junaidi, dulu sebelum covid mungkin kita setengah hati memberikan perhatian dalam teknologi tapi ketika covid terjadi, teknologi membantu.  Ruang kelas yang membatasi dinding kelas sudah mulai ditinggalkan, seminar-seminar yang sering berada di satu tempat, maka hari ini tidak perlu hadirkan narasumber secara fisik tapi bisa dilakukan secara online dari berbagai tempat.

Pelaksanaan seminar berlangsung selama 5 jam, diisi dengan tanya jawab, dan turut disiarkan secara live di kanal youtube webinar Unilak.