Ket Foto :

Dosen THP Faperta Unilak Bantu SMKS Islam Inayah Bagan Batu

Unilak Riau - Universitas Lancang Kuning Riau satu diantara Universitas terbaik di Provinsi Riau terus menerus melakukan peningkatan mutu pendidikan, salah satunya melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh dosen Fakultas Pertanian Unilak yang menjadi guru tamu di SMKS Islam Inayah Ujung Batu pada 18 Agustus 2023. Dalam kegiatan pengabdian itu, dosen Unilak yang menjadi guru tamu Ir Anna Anggraini STP,MP  materi yang diberikan tentang pengembangan produk olahan penunjang teaching factory. Yang dilaksanakan di LAB APHP SMKS.

SMKS Islam Inayah merupakan satu diantara sekolah di Riau yang terpilih menjadi SMK Pusat Keunggulan. Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program Kementerian pendidikan bidang Vokasi untuk dilakukan pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.

Kepala Sekolah SMKS Islam Inayah Ujung Batu Azrimelda S.TP,MPd mengucapkan terima kasih kepada dosen Unilak yang telah berkenan menjadi narasumber dalam kegiatan Pelaksanaan praktisi dunia kerja mengajar di SMK pada Konsenterasi Keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). "Semoga kegiatan ini dapat dikembangkan pada jurusan jurusan lainnya yang selaras dengan jurusan di sekolah ini dan di Unilak."Ucapnya.

" Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program Bantuan Penguatan Pembelajaran SMK Pusat Keunggulan, penyelarasan pembelajaran berbasis dunia Kerja, penyelarasan kurikulum SMK dengan kurikulum di industri atau kompetensi yang diharapkan industri. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK, sehingga siswa yang sudah terbiasa belajar dengan standar industri akan melahirkan tamatan yang siap pakai dan berkualitas." Azrimelda.

Sementara itu Dosen Unilak Anna Anggarini mengatakan, pentingya budaya kerja di dalam lingkungan industri. Aspek budaya siswa di lingkungan industri unsur etika dan budaya kerja dll. Contohnya dalam dunia kerja/indsutri adalalah di lingkungan labor. Ketika dilingkungan labor makan tentu ada terbiasa dengan standar labor, seperti memakai jas lab/pelindung, memakai handmade, safter dll, ketika sudah safety maka kita meminimalisir kontaminasi produk yang diolah dan dihasilkan.