Ket Foto : Pemateri Memaparkan Materi di MAN 4 Pekanbaru

Dosen Pendidikan Biologi Fadiksi Unilak Melakukan Sosialisasi Etno-Vlog Sebagai Media Pembelajaran Kekinian Terintegrasi Local Knowledge di MAN 4 Pekanbaru

Fadiksi Unilak - Prodi Pendidikan Biologi Universitas Lancang Kuning ( UNILAK) kembali melaksanakan pengabdian masyarakat. Kali ini, Tim pengabdian yang terdiri dari Raudhah Awal, M.Pd (Ketua), Ermina Sari, M.Sc dan Martalasari  (Anggota) melakukan Sosialisasi Etno-Vlog Sebagai Media Pembelajaran Kekinian Terintegrasi Local Knowledge di MAN 4 Pekanbaru,Jum’at (20/01/23).

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Raudhah Awal, M.Pd menyatakan bahwa dengan adanya  Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang saat ini menuntut seluruh pihak dan tanpa terkecuali bidang Pendidikan untuk dapat menyesuaikan diri. Inovasi dan kreasi terhadap media pembelajaran harus terus dilakukan oleh seorang guru agar proses pembelajaran tetap relevan dengan perkembangan zaman. Namun demikian tidak melupakan budaya atau pengetahuan masyarakat setempat (Local Knowledge) sebagai warisan nenek moyang. 

Video blogging atau Vlog adalah salah satu media yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran kekinian yang efektif. Pemilihan materi dan konsep pembelajaran bagi peserta didik sebaiknya mengaitkan pengetahuan dengan kehidupan masyarakat setempat. Hal ini dapat dilakukan melalui pengintegrasian pengetahuan yang berkembang pada masyarakat setempat dan menyajikannya ke dalam media pembelajaran untuk memudahkan peserta didik mengaitkan konsep pembelajaran dengan kehidupan. Pengintegrasian pengetahuan yang berkembang pada masyarakat setempat ke dalam pembelajaran yang disajikan melalui vlog dikenal dengan istilah etno-Vlog

Sosialisasi etno-vlog yang dilakukan pada MAN 4  adalah salah satu upaya untuk memberikan pemahaman dan menambah wawasan mitra, dalam hal ini guru mengenai media pembelajaran berupa vlog yang diintegrasikan dengan pengetahuan atau budaya masyarakat setempat yang dikenal dengan istilah etnosains. Harapannya dengan sosialisasi Etnovlog Sebagai Media Pembelajaran Kekinian Terintegrasi Local Knowledge Di MAN 4 Pekanbaru akan dapat melestarikan kearifan lokal yang ada disekitar kita sebagai warisan nenek moyang.