Dosen FKIP UNILAK Beri Solusi Pembelajan Secara Online di Masa Pandemi Covid-19


Dosen FKIP UNILAK Beri Solusi Pembelajan Secara Online di Masa Pandemi Covid-19

Jumat, 20 Nov 2020, 10:22:53 WIB, 59 View , Kategori : Dosen

Ket Foto : Dosen FKIP Unilak Memberikan Kenang-Kenangan Setelah Memberikan Pelatihan di SMKN 1 Minas


Pekanbaru - Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah menjadi wabah yang mengerikan di negeri ini, bahkan virus tersebut telah menyebar di beberapa negara lainnya hingga statusnya ditetapkan sebagai Pandemi. Hampir seluruh aspek kehidupan terkena dampak dari pada Covid-19 ini.

Salah satu aspek yang terdampak yaitu aspek pendidikan, mulai dari level TK hingga perguruan tinggi. Proses pembelajaran pun mau tak mau harus dilakukan secara daring (online).

Ahmad Jabir, S.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kandis mengungkapkan bahwa permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran online ini adalah kurangnya pengetahuan dan lemahnya kemampuan guru di bidang Informasi dan Teknologi (IT). Sehingga,  hal itu menjadi kendala dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 ini.

Menanggapi permasalahan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kandis kabupaten Siak Provinsi Riau, maka Dosen FKIP Unilak (M. Fadhly Farhy Abbas, S.Pd., M.Pd., Herdi, S. Pd., M.Pd, dan Destina Kasriyati, S.Pd., M.Pd.) memberikan suatu solusi dengan melakukan pelatihan pembelajaran online dengan tema ‘Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Online Collaborative Learning di SMK Negeri 1 Kandis. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman guru tentang model pembelajaran berbasis IT.

Karena kondisi wabah Covid-19 itu terus merebak hingga saat ini, maka kegiatan pelatihan pun mau tak mau dilakukan secara daring (online). Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu, 23 September 2020 melalui group whatsapp yang disediakan oleh pihak sekolah. Narasumber kegiatan pelatihan ini adalah M. Fadhly Farhy Abbas, S.Pd., M.Pd., Herdi, S. Pd., M.Pd, dan Destina Kasriyati, S.Pd., M.Pd.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan guru-guru SMK N 1 Kandis dapat meningkatkan wawasan dan pemahamannya tentang model pembelajaran berbasis IT. Sehingga, para guru terbiasa dengan IT agar pembelajaran di kelas menjadi lebih mudah dan menyenangkan,” tutur M. Fadhly Farhy Abbas, S.Pd., M.Pd selaku ketua tim kegiatan.*** (IndonesiaNewsTimes)



Dekan Fekon Unilak Beri Penghargaan Ke Pemuncak Yudisium LXI
Sabtu, 28 Nov 2020, 15:18:08 WIB, Dibaca : 15 Kali
Fakutlas Kehutanan Unilak Gelar Yudisium XXXVI, Pemuncak Yudisium Raih IPK 3, 98
Jumat, 27 Nov 2020, 14:20:53 WIB, Dibaca : 19 Kali
Mahasiswa Fakultas Hukum Unilak Gelar Bakti Sosial Kepada Masyarakat
Jumat, 04 Sep 2020, 12:04:08 WIB, Dibaca : 330 Kali

Tuliskan Komentar