Dosen Fekon Unilak Bantu UMKM Dengan Pelatihan Manajemen Keuangan

Kamis, 18 Jun 2020, 08:51:20 WIB, 85 View , Kategori : Unilak

Ket Foto : Tim Pengabdian Dosen Fekon Unilak memberikan pelatihan manajemen keuangan bagi UMKM di kecamatan Tenayan Raya.jpg


Unilak- Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia sangat besar, potensi pertumbuhan ekonomi dari sektor UMKM sangat terasa besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan lokal baik dari segi pajak, tenaga kerja maupun keuangan.

Atas dasar ini, tiga dosen fakultas ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak ) yang di ketuai oleh Aznuryandi. SE., M.Si,  sebagai anggota  Dwika Lodia Putri. SE.,M.Ak dan Drs. Nurmansyah.SR. Bsc. MM membantu pengembangan UMKM dengan mengadakan pelatihan dalam manajemen keuangan. Selama ini manajemen keuangan beberapa UMKM di Indonesia dan Riau masih menerapkan pola tradisional. Hal ini lah yang melatar belakangi tiga dosen unilak melakukan pengabdian bagi UMKM Dapur Bisnis yang ada di kecamatan Tenayan Raya. Diikuti oleh 20 peserta yang didominasi ibu rumah tangga, pelatihan ini mengangkat tema Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Kelurahan Bencah Lesung Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, awal Juni lalu.

Dihubungi lewat pesan WhatsApp, Rabu sore(17/06/2020) Lodia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian Tri Darma Perguruan Tinggi, yang fokus pada pengembangan UMKM Khususnya manajemen keuangan. Adapun peserta didominasi ibu ibu, karna sebagian besar UMKM pengelolaan manajemen keuangan ada pada ibu." para peserta antusias dalam menerima materi yang diberikan oleh tim pengabdian masyarakat fekon unilak, kendala yang di hadapi para peserta adalah keterbatasan modal dan keterbatasan kemampuan dalam pola pikir untuk memulai usaha sampingan yang akan mendatangkan keuntungan atau meningkatkan pendapatan keluarga.

Di tambahkan Lodia, tujuan kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan keahlian manajemen keuangan dalam upaya peningkatan daya saing. Dijelaskannya saat wabah Corona UMKM memang terdampak. Tapi jika UMKM fokus pada kebutuhan konsumen terus berinovasi, baik level produk, servis dan sesuai dengan perilaku konsumen dan penelitian maka UMKM bisa bangkit.

Sebagai informasi di awal tahun 2020, dosen Fekon unilak juga membantu UMKM membantu membuat sarden olahan rumah tangga dan membantu dalam pemasaran dan kualitas produk.



Kesulitan Pembayaran SPP, Ini Kemudahan Yang Di Berikan Unilak Untuk Mahasiswa
Selasa, 07 Jul 2020, 10:13:20 WIB, Dibaca : 9 Kali
Unilak Akan Bangun Ekowisata Seluas 5Ha
Senin, 06 Jul 2020, 22:28:51 WIB, Dibaca : 21 Kali
Rektor Unilak Ikuti Webinar Bersama  Presiden Jokowi dan Forum Rektor Indonesia
Senin, 06 Jul 2020, 09:35:42 WIB, Dibaca : 0 Kali

Tuliskan Komentar