Ket Foto : Rektor Unilak Dr. Junaidi membuka webinar Fekon Unilak yang membahasa tentang Akutansi, Kegiatan ini bekerjasama dengan IAI wilayah Riau

Dibuka Rektor, Fekon Unilak Gelar Webinar Tentang  Praktek Perubahan PSAK Perubahan 45 Ke ISAK 35.

Unilak- Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning menggelar webinar tentang pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) . Webinar diikuti oleh lebih dari 400 peserta, dan dibuka oleh Rektor Unilak Dr.Junaidi.SS.M.Hum. Webinar ini dalam rangka peningkatan pengetahuan dan praktek tentang  perubahan PSAK 45 ke ISAK 35. Sebagai moderator yaitu Neneng Salmiah,SE.MM AK.CA, dengan narasumber Ahalik.SE.MAkCMA,  turut hadir dekan fakultas ekonomi Dr.Arizal SE.MM. sektretaris IAI wilayah Riau Dr.Jeni Wardi.

Sebagai informasi PSAK adalah Standar ini merupakan pedoman prosedur dalam membuat laporan keuangan akuntansi. Bagi seorang akuntan, pernyataan standar adalah pedoman yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Sementara ISAK 35 merupakan penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba yang telah ditetapkan oleh dewan standar akuntansi keuangan.

Dekan Fekon, Dr.Arizal diawal sambutannya mengatakan, bahwa peserta yang mendaftar melebihi dari kuota yaitu lebih dari 1000 orang, dan pagi ini sebanyak 400 peserta telah bergabung, pelaksanaan webinar ini berkat kerjasama antara prodi akuntansi Unilak dengan IAI Riau, peserta berasal BPK, profesional, praktisi,  dan dosen perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Tri Sakti, Unri, Perbanas, dan lain lain.

"Tujuan memberikan pengetahuan kepada peserta dari kalangan praktisi akutansi pajak. Pemerintah, dan profesional. Dalam memahami penerapan pelaporan keuangan nirlaba".

Pelaksanaan webinar ini juga bekerjasama dengan Ikatan Akutansi Indonesia wilayah Riau. Menurut Sekretaris IAI wilayah Riau Dr. Jeni Wardi dalam sambutanya menyampaikan, IAI mengucapkan terima kasih kepada fakultas ekonomi Unilak yang telah bekerjasama dengan IAI. Webinar ini sangat berguna bagi peserta untuk menambah wawasan penerapan kewajiban pembelajaran, dan perkembangan dunia akutansi di Indonesia.

"Ini tidak hanya sekedar webinar, tapi mengetahui perubahan yang terjadi dalam dunia akutansi dan standar akuntansi. Topik ini penting, perubahan PSAK 45 akan berlaku 2020 dan harus tau secara mendetail standar dan sertifikasi PSAK 45 ke 35. Semoga kedepannya akan terus meningkat kerjasama IAI dengan prodi akutansi Unilak".

Rektor Unilak, Dr. Junaidi,SS. yang membuka acara  mengucapkan syukur dapat menggelar webinar, terkhusus prodi akutansi.  "Saya memberikan apresiasi pelaksanaan webinar. Ini sangat bermanfaat. Karena perubahan terus terjadi, rekan rekan  yg menggeluti akutansi dapat mengikuti perubahan tersebut dan mengetahui tentang  finansial accounting standard. "Saat ini mesti ada Covid kita tetap dapat menggelar kegiatan yang positif secara online tanpa mengurangi subtansi".

Di jelaskan rektor, Unilak terus mendorong kegiatan webinar. Melibatkan praktisi dalam dunia kampus sangat penting. Sehingga akan membuka wawasan. Ilmu-ilmu teori dan praktek harus dihubungkan dan dikorelasikan. "kedepannya saya berharap akan terus melibatkan akademik dan praktisi dalam kegiatan kegiatan akademik, Kombinasi ini saat ini sangat penting bagi kemajuan perguruan tinggi" Ujar Rektor mengakhiri sambutan.