Ket Foto : Foto Bersama Dengan Peserta Training

DEMI TINGKATKAN PELAYANAN SELAMA PANDEMI COVID-19, PUSTAKAWAN UNILAK IKUTI TRAINING TEKNOLOGI

Pandemi Covid-19 telah 6 bulan menghantui masyarakat Indonesia. Semua layanan public terhenti sementara, termasuk layanan di universitas kepada mahasiswa. Tetapi sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga New Normal. Semua pelayanan public sudah mulai dibuka tetapi dengan menerapkan protocol Kesehatan yang telah di tetapkan pemerintah.

Di Universitas Lancang Kuning (Unilak) pelayanan kepada mahasiswa sudah dibuka kembali dengan protocol Kesehatan, termasuk dengan pelayanan di UPT Perpustakaan dilakukan secara daring dan luring. Pelayanan Perpustakaan seperti pengurusan surat bebas Pustaka, pelayanan peminjaman dan pengembalian buku dan layanan lainnya.

Agar pelayanan diberikan prima kepada civitas akademika Unilak maka pustakawan diberikan training agar cakap dalam memberikan pelayanan secara daring. Pada kesempatan ini adalah Dr. Junaidi, S.s, M.Hum , Roki Hardianto, M.Kom, dan Eddissyah Putra Pane, M.Kom dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan training tentang penggunaan aplikasi google.

Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pustakawan sebanyak 10 orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 1 hari dengan pemateri adalah Roki Hardianto, M.Kom adalah dosen Fakultas Ilmu Komputer. Dalam pemaparannya menjelaskan bagian-bagian dari aplikasi google yang biasa digunakan tetapi belum diterapkan sepenuhnya dalam pelayanan di UPT Perpustakaan.

Peserta sangat antuasias dalam mengikuti kegiatan ini, hal ini terlihat dengan pengakuan salah satu peserta training adalah Kholid mengakui dengan training ini sangat menambah wawasan kami pustakawan disini. Ternyata aplikasi google ini juga banyak manfaat juga bisa untuk penyimpanan data pribadi saya. Apalagi Unilak telah menyediakan layanan yang Unlimited kepada Civitas Akademika.

Agar terus dapat meningkatkan pemahaman peserta training setelah kegiatan usai, pemateri membuat WhatsApps Grub (WAG). Jadi peserta bisa mengajukan pertanyaan yang bisa dijawab langsung pemateri.

“Kami sangat berterimakasih kepada Team Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah laksanakan kegiatan yang bagus ini kepada Pustakawan kami, sangat menambah pengetahuan bagi kami, apalagi selama pandemic covid-19” tutur Putri Novianti, S.IP , Sekretaris UPT Perpustakaan Unilak.