Ket Foto : Bersanding Ciptakan Kemajuan, Unilak dan IAIN Batu Sangkar Jalin Kerjasama. Rektor Unilak Dr, Junaidi SS.M.Hum dan Rektor IAIN Batu Sangkar Dr. Marjoni Imamora MSc,memperlihatkan dokumen MoU.ft humas Unilak

Bersanding Ciptakan Kemajuan, Unilak dan IAIN Batu Sangkar Jalin Kerjasama

Unilak Pekanbaru-Di hari Jumat yang penuh berkah, dua perguruan tinggi dari dua provinsi berbeda yakni Provinsi Riau dan Sumatra Barat menjalin penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara IAIN Batu Sangkar dan Universitas Lancang Kuning,Pekanbaru,Riau. Jumat (29/01/2021). di Sultan Resto. 

Sebelum dilakukan penandatangan, pimpinan dua insitusi saling berdiskusi dan saling memperkenal program program yang ada di masing-masing perguruan tinggi, kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan menu hidangan tradisional nusantara. Dalam MoU ini, dari Unilak turut hadir wakil rektor III Dr. Bagio Kadaryanto.SH.MH, sementara dari IAIN Batu Sangkar hadir wakil rektor I,II,III, Direktur Pascsarjana, dan sejumlah dekan. 

Penandatangan MoU langsung dilakukan oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi.SS.M.Hum dan Rektor IAIN Batu Sangkar Dr. Marjoni Imamora MSc, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendramata dari Unilak ke IAIN Batu Sangkar. 

Rektor IAIN Batu Sangkar Dr. Marjoni Imamora MSc menyebutkan, pertemuan ini merupakan bentuk kerjasama antar perguruan tinggi, setiap institusi harus memperluas kerja sama di berbagai bidang terutama dalam penerapan Tridarma Perguruan Tinggi. “Kami berharap kerja sama ini bisa berlangsung dalam jangka panjang dan baik untuk meningkatkan pendidikan mutu pendidikan ini,” terangnya.

Sebagai bentuk kerja sama secara resmi antara Unilak bersama IAIN Batusangkar dalam mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) Menuju Insan Pembelajar yang Merdeka, Kreatif, dan Berdaya Saing.

“Setiap institusi harus memperluas kerja samanya di berbagai bidang terutama dalam penerapan Tridarma Perguruan Tinggi. Kami berharap kerja sama ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan hubungan antar dosen maupun mahasiswa dari masing-masing Perguruan Tinggi dapat terjalin dengan baik,” ujar Marjoni.
 
Sementara itu Rektor Unilak Dr, Junaidi SS.M.Hum menyebutkan, kerjasama adalah satu satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan. " Saat ini bukan lagi persaingan, tapi maju secara bersama antar perguruan tinggi akan berdampak positif bagi dunia pendidikan, masyarakat dan tentu saja institusi. Kami merasa senang dipercaya oleh IAIN untuk menjalin kerjsasama."
 
Dijelaskan Rektor Unilak dengan adanya MoU ini maka silahkan fakultas, badan dan lembaga di Unilak untuk mengambil peran lebih nyata, detail, dan menguntungkan agar dapat memanfaatkan dari pelaksanaan MoU yang telah dilakukan.