Ket Foto :

60 Peserta Ikut Seleksi Beasiswa Pesantren Mahasiswa Unilak

Unilak Pekanbaru-- Sebanyak 60 peserta mengikuti seleksi calon mahasiswa Universitas Lancang Kuning yang akan diterima menjadi mahasiswa dan mengikuti program Pesantren Mahasiswa Unilak (PMU). Selasa 5/10/2021 di ruang Balai Bahasa. 

Beasiswa Pesantren Mahasiswa Unilak (PMU) merupakan program tahun kedua yang bekerjasama dengan Baznas Provinsi Riau. Saat pelaksanaan seleksi beasiswa, Rektor Unilak Dr. Junaidi tampak memantau, beberapa peserta sedang mengikuti tes hafalan Al Quran dari dosen Unilak. 


Direktur Pesantren Mahasiswa Unilak Kurniawan MPd, yang ikut mendampingi rektor Unilak saat ditemui mengatakan, ada 60 peserta seleksi yang mengikuti program beasiswa Pesantren Mahasiswa Unilak, mereka yang diseleksi berasal dari berbagai daerah di Riau,  ada Rohil, Rohul, Pekanbaru, Kampar, dan lain lain.

Mereka tidak hanya berasal dari pesantren namun juga ada dari sekolah umum, SMA,SMK/MI, diantara syaratnya adalah hafalan Al Quran. " Alhamdulillah peminatnya banyak, proses seleksi dibagi dua gelombang, saat gelombang pertama ada yang hafal 30 juz,  quota yang diterima 40 orang. " Ujar Kurniawan yang sedang menempuh pendidikan Doktor ini.

Dijelaskannya lagi, bagi mereka yang diterima akan mendapatkan beasiswa sampai tamat/8 semester, tempat tinggal dan kebutuhan harian ditanggung dan tinggal di asrama, persis kayak di pondok pesantren, ujar Kurniawan. 


Sementara itu Rektor Unilak Dr. Junaidi.M.,Hum mengucapkan terimakasih kepada Baznas Riau yang kembali mempercayakan Unilak dalam program Pesantren mahasiswa. Selain belajar pengetahuan akademik di lingkungan kampus, mereka yang lolos program ini juga diajarkan ilmu agama. Tahun ini ada penambahan kuotanya, tahun ini untuk 40 peserta, program ini sejalan dengan 7 nilai Unilak satu diantaranya nilai Religius. ujar Dr. Junaidi. M. Hum yang didampingi Wakil Rektor II Hardi. SE. MM

Fajar Alghi  Fari peserta yang ditemui usai mengikuti tes mengatakan sudah terbiasa tinggal di Pondok pesantren. " Dulu belajar di Pondok pesantren Islamic Center Rokan Hulu, alhamdulillah hafal 30 Juz, di Unilak pilih prodi Agrobisnis, tadi pas di tes surat Al Baqarah, ujar Fari yang lahir di Jakarta. 

Penguji beasiswa pesantren mahasiswa berasal dari Dosen Unilak yaitu Kurniawan. S.S.M.Pd, Ridwan. S. Ag, M. Sy, Lasrinijal. LC. MH, Juswandi, SS. MA dan Dasri. Spd(imam mesjid Al Fatah Unilak)